Jumat, 04 Maret 2016

Hobi Menanam sayur Hidroponik

tanama hidroponik (sumber: news.kutaikartanegarakab.go.id)

Tinggal  di kota besar pasti memiliki lahan  yang  terbatas  untuk bercocok tanam. Apalagi lahan persawahan juga semakin ter­ batas dan berkurang dari wak­tu ke waktu. Bagi mereka yang memiliki hobi bercocok tanam, salah satu metode yang dite­rapkan  adalah  bertanam  hi­droponik yang memanfaatkan air dan media tanam alternatif.
Fuad Almoma, dari One Stop Hydroponics yang juga peng giat hidroponik menjelaskan, belaka­ngan ini metode bertanam secara hidroponik menjadi favo­rit masyrakat, khususnya Sura­baya. Bahkan kinisemakin ba­nyak komunitas pehobi hidro­ponik yang terus mengembang­kannya, bukan lagi untuk hobi dan   memenuhi kebutuhan sendiri, tetapi juga untuk bisnis.
“Bahkan kini hidroponik men­jadi  salah satu gaya hidup masyarakat yang peduli dengan lingkungan dan hobi berkebun,” ujarnya  disela-sela mengikuti acara Unjuk Kreasi HUT Sekar Telkom  Ke 16  di  lobi  Telkom Divre V, kemarin (3/3).
Dituturkan  Fuad,  metode bertanam  secara  hidroponik dirasa  sangat  cocok  dengan kondisi lingkungan perkotaan yang minim lahan pertanian. Modal  yang  dibutuhkan  juga tidak terlalu besar, akan tetapi manfaatnya  bagi  lingkungan dan pemenuhan bahan maka­nan sehat cukup baik. Selain itu  juga  tampilan  tanaman hidroponik  juga  indah  dan menarik,  jadi  bisa  menjadi pengganti tanaman hias atau bunga bungaan. http://harga.web.id/pergerakan-harga-komoditas-karet-tahun-2016.info
“Manfaatnya sangat banyak, selain mampu menyerap polusi dan  menghasilkan  oksigen, apabila menanam sayuran bisa menjadi sumber makanan se­hat.  Dan  kelebihan  lain  juga membuat  indah  dan  segar tampilan rumah,” tuturnya.
Jenis tanaman yang banyak ditanam secara hidroponik ke­ ba nyakan adalah jenis sayuran dan  bunga.  Akan  tetapi  ma­yoritas  lebih  suka  menanam sayuran  karena  bisa  diman­ faatkan untuk bahan makanan, seperti selada, tomat, bayam, kangkung, hingga tomat. “Saat ini di Surabaya setidak­nya ada enam perkebunan hidro­ ponik yang awalnya berawal dari hobi  yang  kini  sudah  menjadi lahan bisnis dan wisata edukasi,” tukas Fuad.
Sumber: Radar Surabaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar